3 Tips Minum Kopi Bagi yang Punya Maag

3 Tips Minum Kopi Bagi yang Punya Maag

Anda yang mempunyai maag sebetulnya tidak disarankan untuk minum kopi karena kandungan kafeinnya dapat tingkatkan produksi maag dan asam lambung. Konsumsi cafein yang terlalu berlebih dapat melapangkan otot kerongkongan serta mengiritasi dinding lambung hingga membuat tanda-tanda maag mudah kumat. Tetapi, bagaimana jika nyatanya Anda ialah penggemar kopi? Apa ada langkah yang aman untuk pengidap maag minum kopi?

Panduan aman minum kopi bagi pengidap maag 

Sulit meredam keinginan ingin ngopi tetapi sangsi sebab punyai maag? Kadang-kadang memberi kepuasan ngidam kopi sebetulnya tidak jadi masalah, tetapi ingat dahulu tiga ini.

1. Pilih tipe kopi yang tidak asam

Tidak semua kopi itu sama. Bergantung dari langkah pengolahannya, ada biji kopi yang memiliki kandungan lebih dikit cafein serta mempunyai rasa yang tidak demikian asam.

Merilis situs Very Well Family, makin lama biji kopi dipanggang, rasa-rasanya akan semakin asam, kandungan kafeinnya semakin lebih tinggi, serta warnanya semakin hitam.

Itu mengapa Sebaiknya anda pilih kopi Arabika yang rasa-rasanya dikit manis serta lembut. Kandungan kafeinnya cuma seputar 1,2% dibandingkan kopi robusta yang kafeinnya sampai 2,2 %.

Pilihannya, pilih minuman kopi (dari biji Arabika) yang diproses dengan tehnik cold brew. Tehnik cold brew akan membuahkan konsentrat kopi yang pekat tetapi rasa-rasanya lebih manis serta rendah cafein. Tingkat keasaman kopi cold brew tambah tinggi (pH 6,31) dibanding kopi hitam yang diseduh gunakan air panas (pH 5,48). Dalam rasio pH, makin kecil angkanya makin asam karakter zat itu.

Bila lebih senang kopi panas, pilih tehnik seduhan dark roast serta fermentasi. Ke-2 type kopi ini mempunyai kandungan senyawa yang lebih aman hingga tidak beresiko tingkatkan asam lambung.

2. Imbuhkan susu

Susu adalah salah satunya minuman yang baik untuk pasien maag atau asam lambung. Itu penyebabnya mengolah kopi gunakan susu bisa saja pilihan lebih aman untuk menahan maag mudah kumat.

Dengan catatan, pilih susu rendah lemak (susu skim) serta yakinkan jika Anda tidak mempunyai alergi susu sapi. Kandungan lemak tinggi dalam susu full krim atau whole milk bisa melapangkan cincin otot kerongkongan sisi bawah.

Protein dari susu murni ini dapat berhubungan dengan beberapa senyawa dalam kopi hingga menggerakkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

3. Batasi porsinya

Jangan mengorbankan lambung Anda cuma untuk memberi kepuasan dahaga minum kopi. Ditambah lagi sampai ikhlas minum bercangkir-cangkir kopi dalam satu hari.

Buat pengidap maag, semestinya batasi minum kopi optimal 1 cangkir saja dalam satu hari. Bila lebih dari ukuran itu, di kuatirkan asam lambung akan naik hingga mengakibatkan maag kumat.

Lebih baik jika Anda memakai cangkir atau gelas yang memiliki ukuran kecil.

Menahan masih lebih baik dibanding menyembuhkan
Sebijak apa pun Anda menyiasati rutinitas ngopi Anda, beberapa ahli kesehatan tidak menyarankan pengidap maag minum kopi. Karena tidak tutup peluang tanda-tanda maag bisa kumat kapan juga setiap saat Anda minum kopi.

Tanyakan dengan dokter berkaitan minuman dan makanan apa yang semestinya Anda mengonsumsi serta jauhi buat menahan maag kumat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?