Antasida untuk mengobati asam lambung

Antasida untuk mengobati asam lambung

Pernah dengar tentang obat antasida? Antasida ialah obat yang umumnya dipakai untuk menurunkan naiknya asam lambung sebab tanda-tanda maag serta GERD. Sadar ataukah tidak, mungkin Anda atau orang paling dekat pernah memakai obat yang satu ini. Antasida memang tidak di jual dengan nama yang sama, tetapi dengan beberapa macam merek dagang yang berlainan. Ingin tahu selanjutnya tentang obat antasida? Baca dalam penjelasan di bawah ini, ya!

Umumnya, organ yang terjebak dalam skema pencernaan manusia sebetulnya mempunyai proses perlindungan sendiri pada cairan asam. Sayangnya, produksi asam yang dibuat oleh lambung terkadang dapat melewati kandungan normal, hingga mengakibatkan kehancuran pada organ pencernaan.

Tingkat asam itu dapat sampai pH 2-3, yang mana makin kecil angkanya pasti makin besar keasamannya. Walau sebenarnya dalam tingkat yang normal, asam semestinya bertindak untuk menolong proses pencernaan protein.

Contohnya susunan perut, usus, atau kerongkongan. Mengakibatkan, akan muncul peradangan dan iritasi yang mengisyaratkan terdapatnya keadaan medis seperti gastroesophageal reflux disease (GERD) serta maag.

Nah, salah satunya usaha yang dapat dikerjakan untuk menangani penambahan asam lambung itu dengan memakai obat antasida. Jadi, dapat diambil kesimpulan jika antasida ialah obat yang berperan untuk menetralisir kandungan asam lambung.

Apa type obat antasida?

Antasida salah satu obat over the counter (OTC) alias bebas. Berarti, Anda dapat dengan gampang memperoleh obat ini di apotek tak perlu menebus resep dokter terlebih dulu.

Sebelum membelinya, semestinya lihat dahulu bentuk sediaan antasida sesuai keperluan Anda. Beberapa pilihan bentuk sediaan antasida ialah seperti berikut:

  • Antasida berbentuk cair.
  • Antasida berbentuk tablet kunyah.
  • Antasida berbentuk tablet larut air.

Sesaat contoh merek obat antasida mencakup, Maalox, Rolaids, Tums, Alka-Seltzer, Mylanta, Gaviscon, Gelusil, Pepto-Bismol, serta Alternagel.

Apa Manfaat obat antasida?

Manfaat penting dari antasida ialah kekuatannya yang bisa menolong menetralisir kandungan asam lambung. Obat ini kerja dengan efisien untuk menyembuhkan beberapa tanda-tanda berkaitan penambahan asam lambung, yaitu:

  • Ngilu pada dada seperti terbakar (heartburn), yang dapat juga mengalir naik ke kerongkongan.
  • Rasa tidak nyaman pada badan, khususnya waktu berbaring.
  • Masalah pencernaan, yang mengakibatkan perut berasa sakit ataukah tidak nyaman, berasa penuh serta kembung oleh gas, sampai sendawa yang terlalu berlebih.

Ini karena antasida memiliki kandungan beberapa bahan, seperti alumunium karbonat, kalsium karbonat, magnesium oksida, dan natrium bikarbonat, yang berbentuk basa (alkali). Bukan hanya itu.

Beberapa macam antasida mempunyai kandungan simetikon serta alginat. Simetikon ialah zat yang bisa menolong kurangi kelebihan gas di badan.

Sedang alginat di antasida ialah zat yang kerja lebih untuk menolong menurunkan tanda-tanda sebab kenaikan asam lambung. Beberapa kandungan bahan itu yang akan menolong turunkan penambahan produksi asam lambung.

Penting untuk digaris bawahi, obat antasida cuma kerja untuk mengatur atau menetralisir kembali jumlahnya asam pada lambung. Tetapi, antasida tidak bisa menolong menahan produksi asam lambung.

Semua type antasida yang ada di market, pada intinya salah satu pilihan yang pas untuk memudahkan keluhan berkaitan asam lambung. Namun, ketidaksamaan kandungan bahan yang ada di tiap obat antasida bisa memastikan banyak hal.

Mencakup lama kerja obat itu diawali, lama waktu obat terus kerja, dan peluang hubungan serta kecocokan dengan obat yang lain.

Bagaimanakah cara minum obat antasida?

Ketentuan minum antasida sama juga seperti type obat yang lain, yaitu sesuai panduan pada paket obat. Taati saran minum yang dikatakan oleh apoteker atau dokter Anda.

Mengambil contoh, bila antasida yang Anda minum ialah bentuk tablet kunyah, upayakan untuk mengunyahnya sampai halus selanjutnya teruskan dengan minum satu gelas air putih. Jika obat itu berupa cair, semestinya kocok botol obat sebelum menumpahkannya ke atas sendok takar obat.

Antasida dapat diminum 1 jam sebelum makan atau 1 jam sesudah makan. Obat ini aman untuk dimium dalam keadaan perut kosong atau terisi makanan.

Apa resikonya yang mungkin muncul dari obat antasida?

Resikonya yang ada dari antasida sebetulnya jarang-jarang sekali berlangsung bila Anda meminum sesuai dengan ketentuan. Umumnya, resikonya akan ada saat dikonsumsi dalam dosis yang terlalu berlebih, atau dalam tempo lama lebih dari yang dianjurkan.

Beberapa peluang resikonya dari antasida ialah seperti berikut:

  • Diare
  • Konstipasi atau sembelit
  • Kram perut
  • Mual
  • Muntah
  • Kandungan kalisum berlebihan
  • Kembung

Mengonsumsi obat antasida dalam dosis begitu tinggi, serta pada periode waktu yang lama dapat juga menyebabkan penambahan kandungan asam. Keadaan ini umumnya berlangsung saat produksi asam bertambah sesudah minum dan makan.

Lihat ini sebelum minum obat antasida

Antasida pada intinya aman untuk diminum oleh siapapun. Dengan catatan, bila Anda mempunyai keadaan medis tersendiri, jangan sangsi untuk menyampaikannya terlebih dulu dengan dokter.

Contohnya buat pasien tidak berhasil jantung, umumnya disarankan untuk batasi konsumsi natrium buat menahan penimbunan cairan. Berlainan buat orang yang mempunyai tidak berhasil ginjal, beresiko alami penimbunan kandungan alumunium serta permasalahan dengan penambahan kandungan elektrolit sesudah minum obat antasida.

Contoh-contoh keadaan medis itu semestinya dikatakan pada dokter atau apoteker. Jadi, Anda akan diberi type obat antasida atau pilihan obat yang lain yang sesuai keadaan kesehatan.

Selain itu, janganlah lupa berikan pada dokter serta apoteker bila Anda sedang teratur minum type obat-obatan tersendiri. Karena, antasida beresiko memunculkan hubungan dengan beberapa type obat. Entahlah itu obat bebas, atau obat resep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?