Bahaya Asam Lambung Jika Dibiarkan Begitu Saja

Bahaya Asam Lambung Jika Dibiarkan Begitu Saja

Asam lambung adalah salah satunya zat yang bertindak penting dalam proses pencernaan. Tetapi bila kadarnya terlalu berlebih atau begitu dikit, asam lambung dapat memunculkan beberapa permasalahan kesehatan.

Masalah pencernaan, seperti ngilu perut, diare, serta kembung, adalah beberapa permasalahan kesehatan yang bisa muncul karena tidak umumnya kandungan asam lambung. Bila dibiarkan berlarut-larut tanpa ada perlakuan, keadaan itu bisa memunculkan penyakit serius yang punya potensi meneror nyawa.

Apa Itu Asam Lambung ?

Asam lambung bertindak penting dalam proses pencernaan. Tanpa ada asam lambung atau bila kadarnya di lambung rendah, badan tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan.

Tidak hanya bertindak dalam proses pencernaan, asam lambung berperan untuk menatralisir enzim serta membunuh kuman beresiko yang mungkin ada di makanan.

Oleh karena itu, penting untuk pastikan kandungan asam lambung sesuai dengan keperluan badan. Bila banyaknya terlalu berlebih atau begitu dikit, bisa muncul bermacam permasalahan kesehatan.

Saat badan tidak menghasilkan cukup asam lambung, atau dalam arti medis disebutkan hipokloridia, tanda-tanda yang akan ada ialah:

  • Perut kembung
  • Seringkali bersendawa
  • Diare
  • Ngilu perut atau ngilu ulu hati
  • Mual serta muntah
  • Badan berasa lemas
  • Seringkali buang angin

Diluar itu, minimnya asam lambung dalam periode panjang dapat memunculkan permasalahan gizi, seperti kekurangan vitamin, mineral, atau protein tersendiri. Ini sebab minimnya asam lambung mengakibatkan nutrisi-nutrisi itu tidak bisa diolah secara baik oleh badan.

Sebaliknya bila kandungan asam lambung begitu tinggi, ada bermacam masalah yang bisa berlangsung, yakni:

1. Ngilu ulu hati

Heartburn atau ngilu ulu hati ialah sensasi perih di dada serta perut sisi atas, yang umumnya akan berasa lebih kronis saat berbaring atau membungkuk. Keadaan ini adalah efek dari asam lambung yang naik ke kerongkongan, serta dapat mengisyaratkan terdapatnya tukak lambung.

Bila keluhan ngilu ulu hati cuma berlangsung kadang-kadang, biasanya tidak dibutuhkan perlakuan spesial. Tetapi bila ngilu ulu hati seringkali berlangsung, berasa berat serta menyebar sampai ke rahang, leher, atau lengan, dibutuhkan kontrol serta penyembuhan dari dokter.

2. GERD atau penyakit asam lambung

Gastroesophageal reflux disease atau GERD adalah penyakit pencernaan akut yang berlangsung saat asam lambung atau cairan serta isi lambung naik kembali pada kerongkongan, hingga mengiritasi dinding kerongkongan.

GERD diikuti dengan ngilu ulu hati yang ada lebih dari 2x dalam satu minggu. Bahaya asam lambung yang satu ini dapat diobati dengan jalani pola hidup sehat, menjauhi mengonsumsi kopi serta alkohol, berhenti merokok, dan konsumsi obat-obatan pereda asam lambung. Pada masalah tersendiri, GERD butuh diatasi dengan operasi.

3. Gigi rusak

Asam lambung atau cairan lambung yang naik ke kerongkongan serta mulut bisa mengurangi e-mail gigi (susunan terluar gigi). Mengakibatkan, gigi juga jadi rusak. Tanpa ada kontrol gigi teratur, umumnya orang tidak mengerti jika giginya rusak sampai kerusakaan yang berlangsung telah kronis.

4. Permasalahan pernafasan

Asam lambung dapat juga jadi parah penyakit asma atau pneumonia sampai mengakibatkan sesak napas. Ini dapat berlangsung jika asam lambung yang naik ke kerongkongan dengan tidak menyengaja masuk ke tenggorokan waktu bernapas, serta masuk sampai ke paru-paru.

5. Radang pada kerongkongan

Asam lambung yang naik kembali pada kerongkongan (GERD) dapat mengakibatkan iritasi pada dinding-dinding kerongkongan. Iritasi ini selanjutnya menyebabkan berlangsungnya peradangan pada kerongkongan atau yang biasa disebutkan esofagitis.

6. Esofagus Barret

Bila tidak diobati sepanjang sekian tahun, asam lambung yang terus naik ke kerongkongan punya potensi mengakibatkan esofagus Barret. Bahaya asam lambung yang satu ini adalah komplikasi serius dari penyakit GERD.

Pada esofagus Barrett, berlangsung kehancuran jaringan kerongkongan yang menyambungkan mulut dengan lambung. Penyakit ini tidak mempunyai tanda-tanda spesial, serta tanda-tanda yang ada umumnya terkait atau seperti dengan GERD. Bahaya penting dari esofagus Barrett ialah berlangsungnya kanker esofagus.

Untuk jaga supaya kandungan asam lambung masih imbang, lakukan untuk makan dengan agenda yang teratur. Diluar itu, jauhi makan begitu cepat serta langsung berbaring sesudah makan, supaya asam lambung tidak naik.

Bila keluhan masalah pencernaan berkaitan asam lambung seringkali dirasa, atau masalah asam lambung mengakibatkan ngilu perut berat, warna feses hitam, muntah darah, atau susah menelan, cepatlah konsultasi ke dokter untuk memperoleh kontrol serta penyembuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?