Famotidine untuk Mengatasi Asam Lambung

Famotidine untuk Mengatasi Asam Lambung

Famotidine ialah obat yang dipakai untuk menangani tanda-tanda maag, asam lambung naik, tukak pada lambung serta usus, dan masalah sejenisnya pada aliran cerna. Obat ini kerja dengan turunkan produksi asam lambung hingga keluhan ngilu bisa menyusut.

Dari beberapa sumber menjelaskan Famotidine ialah obat yang berguna untuk menangani tanda-tanda sakit maag serta heartburn (rasa panas serta ngilu di ulu hati), serta penyakit refluks asam lambung (GERD). Diluar itu, obat ini dapat menyembuhkan keadaan lain yang dikarenakan oleh produksi asam lambung yang terlalu berlebih, seperti sindrom Zollinger-Ellison, tukak lambung, dan ulkus duodenum.

Famotidine kerja dengan menghalangi zat histamin pada reseptor H2 (di lambung), hingga kurangi produksi asam lambung. Ini akan menolong pemulihan jika berlangsung kehancuran pada dinding lambung.

Antara jumlahnya type obat untuk mengatasi permasalahan asam lambung, Famotidine adalah salah satunya yang dipandang paling efisien serta cepat tangani tanda-tanda sakit maag. Lalu, seperti apa langkah kerja serta kehebatan Famotidine?

Langkah kerja Famotidine untuk menangani asam lambung naik

Famotidine terhitung dalam kelompok obat yang disebutkan histamine-2 receptor blocker (H2 receptor blocker). Tidak hanya Famotidine, obat-obatan yang terhimpun dalam kelompok ini ialah Nizatidine, Cimetidine, serta Ranitidine. Umumnya untuk memperoleh Ranitidine, Anda perlu resep dari dokter. Sedang Famotidine pada dosis rendah telah bisa didapat di apotek paling dekat tanpa ada memakai resep dokter.

Demikian ada di lambung, bahan aktif dalam Famotidine akan berikatan dengan reseptor pada beberapa sel lambung. Reseptor ialah sisi dari sel yang berhubungan dengan enzim, hormon, neurotransmiter, atau molekul lain dengan peranan tersendiri.

Beberapa sel lambung berperan menghasilkan asam lambung. Lalu, saat Famotidine masuk ke pada tubuh, bahan aktif ini akan menghalangi produksi asam pada beberapa sel lambung. Pada akhirnya, cairan asam lambung akan teratasi secara baik.

Dalam 1 jam Famotidine mulai kerja dalam aliran pencernaan untuk mengatur produksi asam lambung. Kemudian, obat akan masuk saluran darah serta sampai kandungan tertingginya dalam tempo 1-3 jam serta kerja 10-12 jam.

Selama saat ini, produksi asam lambung terus alami penurunan dengan mencolok hingga tidak mengakibatkan keluhan ngilu. Saat itu jaringan lambung memulihkan diri dari cedera karena terserang asam lambung berlebihan.

Diluar itu, dampak Famotidine yang lain yakni mencegah kehancuran selanjutnya pada kerongkongan karena naiknya asam lambung.

Ketentuan konsumsi Famotidine

Minumlah Famotidine sesuai dengan resep yang diberi. Sepanjang obat kerja secara baik, jangan merubah dosis atau hentikan mengonsumsi obat tanpa ada konsultasi dengan dokter.

Famotidine bisa diminum sebelum atau setelah makan. Untuk menahan munculnya tanda-tanda maag, minumlah obat 15-60 menit sebelum makan. Jangan minum lebih dari 2 tablet Famotidine dalam kurun waktu 24 jam terkecuali atas saran dokter.

Jika Famotidine tidak segera menangani permasalahan asam lambung sampai 14 hari sesudah dikonsumsi, hentikan pemakaian serta tanyakan dengan dokter yang mengatasi Anda.

Famotidine adalah salah satunya pilihan obat yang efisien untuk menangani permasalahan asam lambung serta masalah pada aliran cerna yang berbentuk akut. Obat ini kerja secara cepat serta dampaknya juga tahan lama pada tubuh.

Namun, supaya faedahnya lebih maksimal yakinkan Anda tetap ikuti dosis serta saran yang ada di paket obat. Jangan sangsi untuk konsultasi dengan dokter jika ada hal yang belum Anda mengerti dari ketentuan atau dosis yang disarankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?