Kenali Bahaya Penyakit Maag Kronis

Kenali Bahaya Penyakit Maag Kronis

Beberapa penyakit tersendiri, umumnya memakai ketidaksamaan maag akut serta maag kronis untuk memvisualisasikan keparahan keadaannya. Entahlah tentang bagaimana keadaannya, atau sebegitu lama penyakit itu sudah berjalan. Satu penyakit termasuk akut saat sudah berjalan dalam tempo lama serta masih bertahan sampai saat ini. Lalu, bagaimana dengan maag? Dapatkah maag berkembang jadi akut?

Apakah itu maag kronis?

Perlu untuk diketahui dahulu awalnya, jika sebetulnya maag bukan satu penyakit. Maag ialah panggilan spesial untuk tunjukkan beberapa tanda-tanda yang terkait dengan masalah pada organ pencernaan.

Itu kenapa sebetulnya ada beberapa penyakit sebagai pemicu maag. Dari mulai tukak lambung, irritable bowel syndrome (IBS), infeksi perut sebab bakteri, GERD atau refluks asam lambung, serta radang lambung (gastritis).

Tetapi, dari kesemua penyakit itu, keadaan kronis serta akut umumnya cuma dirasakan oleh radang lambung alias gastritis saja. Dalam kata lain, arti maag akut itu dikarenakan oleh peradangan lambung gastritis akut.

Maag disebutkan sudah akut saat seringkali kumat di sejumlah waktu. Keadaan ini umumnya sudah berjalan dalam tempo yang lumayan lama, serta terus bertahan sampai saat ini.

Apa pemicu maag akut?

Maag akut yang disebabkan oleh gastritis ke arah pada beberapa keadaan yang memunculkan peradangan di susunan lambung.

Bukan karena hanya penambahan produksi asam saja, tersebut banyak hal yang mengakibatkan gastritis hingga ke arah pada maag:

1. Infeksi bakteri H. pylori

Infeksi yang dikarenakan oleh bakteri Heliobacter pylori dapat memunculkan iritasi serta cedera pada susunan lambung. Ini adalah salah satunya pemicu paling umum dari gastritis akut, yang dapat disebarkan lewat makanan, air, air liur, atau cairan badan yang lain.

2. Iritasi pada susunan lambung

Sama seperti seperti infeksi bakteri, beberapa rutinitas yang berjalan terus-terusan dapat juga memunculkan cedera pada lambung, misalnya:

  • Pemakaian obat non-steroid anti-inflamasi (NSAID) periode panjang, contohnya aspirin, ibuprofen, serta naproxen.
  • Depresi kronis.
  • Paparan radiasi.
  • Refluks empedu sebab cairan empedu masuk ke lambung.
  • Sering serta banyak minum alkohol.

3. Reaksi autoimun

Reaksi autoimun dapat mengakibatkan gastritis, sebab skema kebal badan malah menyerang susunan dinding lambung yang tidak memiliki masalah. Keadaan ini makin lama mengakibatkan beberapa sel pada susunan pelindung dinding lambung itu rusak.

Salah satunya sel yang rusak yaitu sel parietal, yang bekerja untuk menyerap vitamin B12. Karena itu otomatis, reaksi autoimun ini mengakibatkan masalah berkaitan proses penyerapan vitamin B12. Badan selanjutnya dapat alami anemia sebab kekurangan B12, atau disebutkan anemia pernisiosa.

Apa tanda-tanda maag akut?

Gastritis sebagai awal pemicu maag akut umumnya condong sulit diakui sebab gejalanya ada setahap. Maag sebab gastritis yang dikarenakan oleh infeksi bakteri H. pylori umumnya tidak memunculkan tanda-tanda spesial.

Namun, keseluruhannya, tersebut beberapa tanda-tanda yang ada saat maag akut sebab gastritis kumat:

  • Ngilu atau sakit perut dibagian atas
  • Perut kembung
  • Mual serta muntah
  • Ada rasa terbakar di perut
  • Ngilu perut sesudah makan
  • Merasakan cepat kenyang serta perut penuh
  • Kehilangan nafsu makan
  • Gampang sendawa
  • Berat tubuh alami penurunan

Beberapa tanda-tanda maag akut sebab gastritis itu dapat berasa sekaligus juga bertepatan, atau cuma beberapa salah satunya saja.

Bagaimana penyembuhan untuk menangani maag akut?

Perubahan maag akut sebab gastritis ini berjalan dengan setahap. Tetapi, bila tidak selekasnya diberi perawatan yang pas, keadaan ini dapat berkembang makin kronis.

Tanpa ada penyembuhan, makin lama dinding lambung akan tipis serta pada akhirnya memunculkan pendarahan. Jika terus dibiarkan, maag akut karena grastitis ini akan mengakibatkan anemia.

Tetapi Anda tidak butuh kuatir, tidak cuma satu, tetapi ada bermacam penyembuhan yang dapat diberi untuk menangani maag sebab gastritis ini. Semua penyembuhan itu nanti akan sesuai kembali dengan pemicu yang memicu maag sebab gastritis akut ini.

Anda bukan sekedar disarankan untuk menghindarkan semua pemicu yang dapat membuat keadaan ini kembali kumat. Semestinya, di dukung dengan mengonsumsi obat-obatan yang pas buat memudahkan tanda-tanda sekaligus juga hentikan kekambuhannya.

Secara singkat, penyembuhan maag akut umumnya bergantung pada pemicu awal keadaan ini. Nah, di bawah ini beberapa obat maag akut sebab gastritis yang dapat diminum untuk menolong menangani keluhan sesuai sebabnya:

1. Antasida

Antasida salah satu pilihan obat yang dapat diminum untuk menurunkan tanda-tanda maag akut sebab gastritis. Langkah kerjanya yaitu dengan turunkan jumlahnya produksi asam, menetralisir asam pada lambung, dan menghalangi naiknya asam ke kerongkongan.

Obat ini dapat Anda temukan dengan gampang di apotek paling dekat dengan sediaan tablet kunyah serta cairan. Ketentuan minumnya ada dua, dapat waktu perut dalam kondisi kosong, atau sesudah diisi makanan.

Antasida disarankan untuk diminum beberapa saat sebelum makan atau 1 jam sesudah makan.

2. H-2 receptor blockers

Obat H-2 receptor blockers bekerja untuk turunkan jumlahnya produksi asam pada lambung. Contoh obat ini yakni ranitidine (Zantac®), yang dapat diminum dalam keadaan perut kosong atau terisi makanan.

Obat ini dapat diminum seputar 1-2 kali satu hari, di waktu sebelum makan, sesudah makan, atau mendekati tidur.

3. Proton pump inhibitors (PPI)

Obat PPI dapat menolong menurunkan tanda-tanda maag akut sebab gastritis, dengan turunkan produksi asam dari lambung. Dosis obat ini umumnya tambah lebih kuat daripada antasida serta h-2 receptor blockers.

Misalnya mencakup omeprazole (Prilosec®) serta lansoprazole (Prevacid 24 HR®) untuk dosis rendah. Sedang obat PPI dengan dosis yang lebih kuat cuma dapat didapat atas kesepakatan dokter.

4. Antibiotik

Antiobiotik tidak bisa dipakai asal-asalan. Obat ini sebetulnya bukan mempunyai tujuan langsung untuk menyembuhkan maag akut.

Tetapi, bila maag akut sebab gastritis dimulai oleh infeksi bakteri H. pylori, dokter umumnya memberi resep pemberian antibiotik. Misalnya seperti klaritromisin (Biaxin) serta amoksisilin (Amoxil, Augmentin, atau lainny) atau metronidazol (Flagyl).

5. Suplemen

Maag akut sebab gastritis yang dipacu oleh reaksi autoimun memanglah belum dapat diobati dengan spesial. Tetapi, Anda dapat memakai suplemen penambahan untuk menyembuhkan kekurangan vitamin B12 yang menyebabkan timbulnya reaksi autoimun.

Suplemen penambahan untuk penuhi keperluan vitamin B23 dapat lewat tablet minum, suntikan, atau infus intravena.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?