Kondisi Medis yang Berbahaya Akibat Asam Lambung

Kondisi Medis yang Berbahaya Akibat Asam Lambung

Asam lambung naik sering disebut jadi dalang dari pemicu maag serta GERD. Sebetulnya, ini tidak selamanya ke arah pada keadaan yang serius. Namun, bila sudah berjalan dalam tempo lama alias akut, tidak tutup peluang naiknya asam lambung dapat memunculkan bahaya jelek buat kesehatan. Baca keterangan lebih sambungnya di bawah ini.

Kapan asam lambung dapat naik?

Kenaikan asam lambung ialah saluran balik atau naiknya asam lambung, dari skema pencernaan ke kerongkongan (esofagus). Keadaan ini dikenal juga dengan nama refluks asam lambung, yang akrab dihubungkan dengan penyakit GERD serta maag.

Kerongkongan ialah tabung panjang berongga yang terbentang dari tenggorokan sampai ke perut. Peranan kerongkongan yaitu untuk menyalurkan makanan yang masuk lewat mulut, serta membawanya ke skema pencernaan.

Saat asam lambung naik, umumnya Anda akan rasakan timbulnya sensasi panas seakan terbakar ditengah-tengah dada serta kerongkongan. Sisi belakang mulut umumnya berasa seperti kesemutan, terutamanya sesudah makan pedas serta bagian besar.

Ya, sejumlah besar masalah naiknya asam lambung memang ada sesudah makan kebanyakan, konsumsi makanan penyebab atau pantangannya, serta langsung berbaring selesai makan.

Sebetulnya refluks asam lambung dapat berlangsung kapan juga, tetapi keluhannya seringkali tampil di malam hari. Walau asam lambung jarang-jarang memunculkan keadaan yang serius atau bahaya, Anda masih dianjurkan tidak untuk meremehkan gejalanya.

Masalahnya pasti ada efek bahaya bila refluks asam lambung ini sudah terkena lama (akut).

Apa bahaya kenaikan asam lambung?

Jangan diremehkan saat Anda telah mempunyai kenaikan asam lambung dalam tempo lama, yang seringkali hilang serta kumat. Bukan mustahil, keadaan asam lambung ini bisa memunculkan bahaya serta ke arah pada keadaan medis lain yang lebih serius.

Tersebut peluang permasalahan serus yang akan ada bila asam lambung sudah ada pada waktu lama, serta tidak diobati dengan pas:

1. Striktur kerongkongan (esofagus)

Satu diantara beberapa keadaan serius serta bahaya sebab kenaikan asam lambung akut yakni berlangsungnya striktur kerongkongan. Striktur esofagus atau kerongkongan ialah rusaknya susunan kerongkongan, sebab alami iritasi karena penambahan asam lambung.

Kehancuran itu selanjutnya berefek pada pembentukan jaringan parut, hingga membuat rongga kerongkongan menyempit. Striktur kerongkongan memanglah bukan adalah tanda-tanda kanker.

Tetapi, keadaan ini dapat memunculkan beberapa permasalahan. Dari mulai sakit waktu menelan, sulit menelan, tingkatkan peluang tersedak, sampai makanan terlibat serta terhalang di kerongkongan.

Akhirnya, makanan umumnya bertambah susah untuk masuk ke skema pencernaan.

2. Esofagitis

Esofagitis ialah peradangan pada susunan kerongkongan, jadi komplikasi dari kenaikan asam lambung yang telah termasuk kronis. Itu kenapa penting untuk menangani asam lambung sedini mungkin, sebab bisa memunculkan efek yang cukup bahaya.

Esofagitis dapat menyebabkan munculnya perdarahan, cedera, serta iritasi pada kerongkongan. Diluar itu, terdapatnya cedera akan membuat kerongkongan menyempit. Keadaan berikut yang selanjutnya memunculkan jaringan parut akut pada susunan kerongkongan.

Kesemua hal itu, yang selanjutnya memunculkan komplikasi sebab mempersulit Anda waktu menelan minuman dan makanan. Anda pun akan rasakan ngilu atau sakit waktu menelan makanan, serta makanan mungkin terlibat di kerongkongan.

Tanda-tanda esofagitis yang lain mencakup:

  • Ngilu atau sakit pada dada, khususnya di belakang tulang dada yang makin berasa waktu makan.
  • Ngilu dada seperti terbakar (heartburn).
  • Radang tenggorokan.
  • Nafsu makan alami penurunan.

3. Barret esophagus

Barret esophagus ialah keadaan saat sel pada susunan kerongkongan rusak karena bahaya dari kenaikan asam lambung yang berjalan terus-terusan. Akhirnya, susunan kerongkongan rusak serta beralih mirip rangkaian sel yang melapisi dinding usus di skema pencernaan.

Sama seperti seperti esofagitis, barret esophagus tidak berlangsung demikian saja. Kesempatan timbulnya barret esophagus akan makin besar saat Anda telah alami keluhan asam lambung dalam periode waktu lama atau akut.

Kebanyakan orang yang alami asam lambung akut sebetulnya mempunyai efek serta bahaya yang sama untuk berkembang jadi barret esophagus. Namun, umumnya kasusnya umumnya berlangsung pada barisan lanjut usia, serta terutamanya pria daripada wanita.

Bila ingin pastikan peluang Anda alami barret esophagus ataukah tidak, dokter umumnya akan lakukan tes bernama endoskopi (EGD). Tes ini mempunyai tujuan untuk lihat serta mengecek susunan esofagus (kerongkongan).

Dokter kemungkinan ambil dikit sampel jaringan dari kerongkongan (biopsi), untuk dicheck selanjutnya. Namun, tidak kebanyakan orang dianjurkan untuk lakukan tes endoskopi buat pastikan barret esophagus ini.

Tes endoskopi biasanya cuma direferensikan buat Anda yang mempunyai unsur efek tersendiri. Contohnya sudah alami keluhan asam lambung yang lumayan lama, dengan beberapa tanda-tanda simpatisan yang lain.

Dalam beberapa masalah tersendiri, barrret esophagus dapat berkembang jadi kanker esofagus (kerongkongan). Ini jadi salah satunya fakta kenapa penting untuk lakukan kontrol serta tes teratur buat menjumpai terdapatnya sel prakanker. Walau bisa menjadi lesi prakanker, masalah ini cukup jarang-jarang.

Jadi, saat nanti diketemukan hadirnya sel prakanker, bisa selekasnya dikerjakan penyembuhan yang pas untuk menahan perubahan kanker kerongkongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?