Macam Macam Obat Maag Akut Dengan Aturan Minum Berbeda

Macam Macam Obat Maag Akut Dengan Aturan Minum Berbeda

Penyakit maag serta maag akut ialah dua hal yang umumnya jadikan dasar ketidaksamaan tentang lama waktu dan tingkat keparahan satu penyakit. Bila saat ini Anda mengalami maag, kemungkinan maag itu termasuk akut. Dalam keadaan ini, obat maag akut apa yang dapat diberi untuk memudahkan gejalanya?

Apakah penyakit maag dapat berkembang jadi maag akut?

Maag ialah satu arti yang seringkali digunakan untuk tunjukkan beberapa jenis keluhan yang menyerang skema pencernaan. Karenanya, penyebutan maag jadi penyakit sebetulnya tidak ada. Masalahnya maag lebih mengacu pada munculnya bermacam tanda-tanda yang mengisyaratkan satu penyakit.

Ada beberapa macam penyakit yang dapat diikuti dengan timbulnya maag. Dari mulai GERD atau refluks asam lambung, peradangan lambung (gastritis), tukak lambung, irritable bowel syndrome (IBS), sampai infeksi.

Jadi, saat Anda rasakan beberapa tanda-tanda maag, bisa saja beberapa penyakit tersebutlah yang sebetulnya sedang menyerang. Bila maag sedang dirasakan sekarang-sekarang ini serta gejalanya tidak terdeteksi sejak dahulu, berarti Anda alami maag akut.

Dari beberapa penyakit pemicu maag yang disebut awalnya, cuma gastritis atau radang lambung yang terdiri jadi kelompok akut serta akut. Maag akut atau akut yang Anda alami dapat dipacu dari gastritis ini.

Itu penyebabnya, obat maag akut nanti akan diberi bergantung dari pemicu awalannya. Berlainan dengan gastritis akut yang bisa berjalan dalam tempo lama dengan tanda-tanda yang dapat kumat setiap saat, gastritis akut tidak begitu.

Peradangan pada gastritis akut umumnya cuma berjalan sesaat, tetapi dengan tingkat keparahan ngilu yang cukup akut serta berlangsung dengan mendadak. Keadaan berikut yang nanti punya pengaruh di tingkat keparahan sakit maag. Maag akut yang dikarenakan oleh gastritis akut umumnya berasa lebih ngilu atau sakit daripada maag akut.

Apa pemicu maag akut?

Pemicu maag akut yang dimulai oleh gastritis ini berlangsung saat susunan lambung melemah. Mengakibatkan, penambahan kandungan asam dapat dengan gampang mengiritasi susunan lambung.

Berdasar pemicu ini, nanti bisa dipastikan obat yang pas untuk menangani maag akut sebab gastritis. Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan gastritis akut sampai akhirnya memunculkan maag, misalnya:

1. Mengonsumsi obat-obatan dalam periode waktu lama

Pemakaian obat non-steroid anti-inflamasi (NSAID) dalam tempo yang lumayan lama dapat mengakibatkan iritasi pada lambung.

Akhirnya, timbullah gastritis akut sebagai pemicu maag. Contoh obat NSAID mencakup aspirin, ibuprofen, serta naproxen.

2. Serangan infeksi

Hampir sama dengan maag akut, maag akut sebab gastritis dapat juga dikarenakan oleh infeksi bakteri Heliobacter pylori (H. pylori). Tetapi diluar itu, virus, jamur, parasit, cacing, dan penyakit TBC serta sipilis dapat juga menyebabkan berlangsungnya infeksi.

3. Minum alkohol sering serta banyak

Kebanyakan serta seringkali minum alkohol dapat menyebabkan lambung terluka, yang selanjutnya memunculkan gastritis akut. Keadaan berikut yang nanti membuat Anda beresiko alami maag akut.

4. Alergi makanan

Permasalahan pada makanan seperti alergi, keracunan, atau intoleransi, bisa menyebabkan peradangan serta iritasi pada lambung. Selanjutnya, timbullah gastritis akut yang dapat menyebabkan maag.

5. Cairan empedu masuk ke lambung

Zat empedu yang dibuat oleh kantung empedu dapat keluar serta masuk ke lambung. Akhirnya, susunan lambung alami iritasi, hingga selanjutnya memunculkan gastritis akut serta ke arah pada maag.

Bila telah dipastkani jika maag akut ini datang dari gastritis, baru Anda dapat memastikan type obat yang pas buat menurunkan gejalanya.

Pilihan obat untuk menangani maag akut

Saat maag sebab gastritis yang Anda alami termasuk akut, akan muncul beberapa gejal ciri khas. Antara ngilu perut, mual, muntah, perut kembung, nafsu makan alami penurunan, sampai turunnya berat tubuh. Tetapi, yang benar-benar memperbedakan maag akut karena gastritis ini dengan maag akut, yaitu waktu pemulihannya.

Waktu yang dibutuhkan badan untuk kembali pulih pada maag akut condong lebih singkat. Diluar itu, proses penyembuhan maag akut dikerjakan dengan menghindarkan penyebab dan dikerjakan pemberian obat-obatan.

Sedang pada maag akut, pemulihan dikerjakan dengan beragam sesuai dengan sebabnya. Anda akan disuruh untuk menghindarkan semua bentuk penyebab keadaan ini.

Sejumlah besar masalah maag akut sebab gastritis dapat pulih dalam beberapa waktu atau minggu sesudah dikerjakan mencegah pada semua penyebab. Tetapi, pemberian obat bebas atau resep dapat juga dikerjakan jadi perawatan penambahan.

Pada intinya, obat maag akut serta akut yang dikarenakan oleh gastritis hampir sama. Namun, ada dosis serta ketentuan minum tersendiri yang dibedakan.

Tersebut beberapa obat-obatan yang umumnya dikonsumsi waktu maag akut sebab gastritis menyerang:

1. Antasida

Pilihan obat maag akut yang dapat dibeli bebas di apotek yaitu antasida. Langkah kerja antasida yaitu dengan menetralisir kandungan asam di lambung karena kandungan magnesium, natrium, kalsium, serta beberapa bahan lain di dalamnya.

Saat Anda alami maag akut yang dikarenakan oleh gastritis, dosis minum obat dapat seringkali. Anda umumnya disarankan untuk minum obat antasida ini sesuai instruksi dari apoteker atau panduan mengonsumsi obat.

Antasida umumnya tidak dianjurkan untuk dipakai dalam tempo lama.

2. H-2 receptor blockers

Obat h-2 receptor blockers dapat juga dikonsumsi buat menangani maag akut karena gastritis, sebab menolong kurangi produksi asam pada lambung. Contoh obat ini mencakup famotidine (Pepcid®) serta cimetidine (Tagamet®).

Tetapi, Anda tidak dapat asal-asalan waktu beli obat ini. Masalahnya dosis rendah dari h-2 receptor blocker memang dapat dibeli dengan bebas, tetapi untuk dosis yang lebih kuat cuma dapat didapat atas referensi dari dokter.

Agar hasilnya lebih maksimal, mengerti ketentuan mengonsumsi obat ini dari apoteker, dokter, atau cap paket obat. H-2 receptor blocker biasanya dapat diminum sepanjang 10-60 menit sebelum makan.

3. Proton pomp inhibitors (PPI)

Proton pump inhibitors (PPI) atau penghalang pompa proton ialah obat untuk menangani maag akut yang dikarenakan oleh gastritis. Sama dengan obat h-2 receptor blocker, obat PPi dapat juga Anda dapatkan dengan bebas untuk dosis rendah.

Sesaat untuk dosis kuatnya, cuma dapat didapat lewat resep dokter serta sesuai dengan keadaan yang Anda alami. Contoh obat PPI yaitu omeprazole (Prilosec®) serta esomeprazole (Nexium®) yang bekerja dengan menghalangi produksi asam lambung.

Lihat ketentuan minum obat PPI dari apoteker, dokter, atau cap paket obat. Anda umumnya dianjurkan untuk meminum cuma 1 hari sekali, serta tidak bisa diminum terus-terusan sepanjang lebih dari 14 hari.

4. Obat coating agent

Obat ini mempunyai tujuan membuat perlindungan susunan perut, sekaligus juga menahan kehancuran lambung buat orang yang teratur minum obat NSAID.

Obat coating agent yang umumnya diresepkan oleh dokter yaitu sucralfate (Carafte®), serta misoprostol (Cytotec®). Ketentuan minum sucralfate umumnya 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan.

Sesaat misoprostol dapat diminum waktu makan serta mendekati tidur. Taati dosis serta ketentuan minum obat sesuai dengan instruksi dokter.

5. Antibiotik

Pada beberapa masalah, maag akut sebab gastritis yang dikarenakan oleh infeksi bakteri H. pylori, memerlukan antibiotik untuk mengobatinya. Type antibiotik itu contohnya amoksisilin, klaritromisin, serta tetrasiklin (tidak bisa diminum anak dibawah 12 tahun).

Obat antibiotik cuma dapat diberi lewat resep dokter, hingga tidak dapat Anda beli dengan gampang. Antibiotik aman untuk dikonsumsi bertepatan dengan obat antasida, h-2 receptor blocker, atau PPI. Lihat dosis minum antibiotik sesuai dengan pendapat dokter atau apoteker Anda.

Biasanya, penyembuhan dengan antibiotik bisa memerlukan waktu sepanjang 10 hari sampai 4 minggu, bergantung keadaan kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?