Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Pengidap Asam Lambung

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Pengidap Asam Lambung

Untuk menahan kekambuhan tanda-tanda, orang yang mempunyai maag dituntut tidak untuk asal-asalan waktu konsumsi minuman dan makanan. Khususnya bila tidak mau tanda-tanda asam lambung kembali naik yang selanjutnya menyebabkan timbulnya maag. Nah, tidak hanya memperhatikan pilihan minuman dan makanan yang bisa dikonsumsi, ada banyak pantangan yang butuh dijauhi untuk menghindarkan keparahan asam lambung. Apa, ya?

Apa pantangan untuk penderita asam lambung?

Persoalan maag sama dirasakan oleh beberapa orang yang hoby tunda waktu makannya. Umumnya perut akan berasa sakit karena naiknya asam lambung. Tetapi, perlu diingat jika maag sebetulnya bukan penyakit spesial, tetapi kelompok tanda-tanda yang ke arah dalam satu penyakit.

Salah satunya unsur yang dapat menyebabkan kenaikan asam lambung, yaitu datang dari mengonsumsi minuman dan makanan harian. Karenanya, bila Anda mempunyai permasalahan dengan maag serta asam lambung, semestinya jauhi beberapa pantangan untuk menahan kekambuhan tanda-tanda.

Tersebut beberapa daftar pantangan minuman dan makanan buat Anda yang mempunyai maag:

1. Minuman dan makanan tinggi lemak

Lemak memang diperlukan oleh badan dalam jumlahnya tersendiri. Namun, makan minuman dan makanan tinggi lemak dalam bagian yang kebanyakan serta seringkali dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda maag.

Ini sebab minuman dan makanan berlemak tinggi bisa membuat otot pada katup kerongkongan (esofagus) sisi bawah melemah. Keadaan ini pasti membuat katup kerongkongan gampang terbuka, hingga menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Akhirnya, Anda umumnya akan alami tanda-tanda berbentuk ngilu pada dada seperti terbakar (heartburn). Diluar itu, makanan berlemak tinggi dapat merangsang lepasnya hormon cholecystokinin.

Hormon ini yang dapat menyebabkan mengendurnya katup kerongkongan, hingga mengakibatkan asam lambung naik. Makanan dengan kandungan lemak tinggi umumnya memerlukan waktu lebih lama untuk diolah.

Ini dapat menyebabkan pengosongan lambung berjalan lebih lamban, sampai akhirnya menyebabkan produksi asam lambung berlebihan. Itu kenapa barisan minuman dan makanan tinggi lemak masuk ke daftar pantangan untuk orang yang ingin mengatur kenaikan asam lambung,

Beberapa contoh minuman dan makanan dengan kandungan lemak tinggi mencakup:

  • Susu tinggi lemak serta produk olahannya.
  • Daging merah seperti sapi, kambing, domba.
  • Gorengan atau makanan yang lain yang digoreng.
  • Makanan penutup seperti kue, es cream, dan lain-lain dengan kandungan lemak tinggi.

2. Makanan yang digoreng

Susah disangkal, semua makanan yang digoreng biasanya berasa lezat serta nagih untuk dikonsumsi terus-terusan. Sayangnya, makanan yang digoreng adalah salah satunya pantangan untuk Anda yang ingin menahan kenaikan asam lambung.

Faktanya sama dengan makanan tinggi lemak awalnya. Gorengan, yang notabene di rendam dalam minyak panas serta lumayan banyak, memiliki kandungan banyak lemak trans.

Kembali lagi, konsumsi makanan yang tinggi lemak pasti beresiko membuat tanda-tanda maag kembali kumat sebab naiknya asam lambung. Masalahnya makanan yang digoreng dengan kandungan lemak yang tinggi ini bisa merangsang melemahnya otot pada katup kerongkongan.

Mengakibatkan, asam lambung dapat dengan gampang naik serta menyebar ke ulu hati, dada, sampai kerongkongan.

3. Cokelat

Buat Anda yang tidak suka pada cokelat serta mempunyai penyakit maag, pasti tidak jadi masalah untuk menghindarkan makanan yang satu ini. Tetapi, bila Anda terhitung fans cokelat, ini dapat jadi berita jelek.

Cokelat adalah satu diantara beberapa pantangan yang perlu dipatuhi untuk menahan penambahan asam lambung. Ini karena kandungan yang ada di cokelat itu.

Cokelat umumnya memiliki kandungan cafein serta insentif yang lain yakni theobromine, yang dapat menyebabkan penambahan asam lambung. Bukan hanya itu, bahan methylxanthine yang terdapat pada cokelat diakui bisa lemahkan kemampuan otot pada katup kerongkongan.

Kandungan lemak di cokelat yang lumayan tinggi dapat juga menyebabkan kambuhnya tanda-tanda maag.

4. Kopi

Mungkin Anda pernah atau seringkali dengar jika orang yang mempunyai maag tidak disarankan minum kopi dalam jumlahnya banyak. Serta, sedapat mungkin semestinya jauhi minum kopi, atau paling tidak batasi asupannya buat menahan tanda-tanda maag makin bertambah kronis.

Karena, kopi mempunyai kandungan cafein di dalamnya yang dapat dibuktikan bisa lemahkan otot pada katup kerongkongan sisi bawah. Akhirnya, asam lambung juga dapat dengan bebas naik kembali pada kerongkongan, hingga memunculkan rasa tidak nyaman.

5. Soda

Tidak hanya membuat perut berasa kembung, soda serta minuman berkarbonasi bisa menyebabkan penambahan asam lambung yang disebut tanda-tanda maag. Masalahnya minuman ini bisa lemahkan otot pada katup kerongkongan sisi bawah, yang selanjutnya membuat asam lambung naik.

Serta, soda serta minuman berkarbonasi dapat juga memiliki kandungan cafein yang akan makin mempermudah munculnya tanda-tanda maag. Atas basic itu, minuman ini jadi salah satunya pantangan untuk orang yang mempunyai maag, bila tidak mau gejalanya kumat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?