Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa

Jalani puasa lalu ada keadaan asam lambung naik tentu jadi hal yang tidak menyenangkan. Tidak cuma rasa tidak nyaman yang didapatkan, beribadah serta kegiatan seharian yang lain juga jadi terusik. Oleh karenanya, jangan pernah asam lambung naik membuat Anda tidak optimal dalam jalankan beribadah puasa serta segudang kegiatan yang lain. Berikut langkah menangani asam lambung naik waktu puasa.

Cara menangani asam lambung naik waktu puasa

1. Lihat makanan yang dikonsumsi waktu sahur serta buka

Asam lambung mudah naik jika Anda makan sahur serta buka dengan makanan yang tidak pas. Anda butuh pilih makanan yang dapat menahan asam lambung naik waktu puasa. Tentunya Anda butuh menghindarkan beberapa makanan yang bisa mencetuskan naiknya asam lambung seperti makanan yang pedas, asam, berlemak (gorengan serta santan), coklat, minuman berkarbonasi, serta kopi.

Waktu sahur, upayakan untuk makan lauk dengan sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, atau bayam untuk kesehatan lambung Anda. sayuran itu rendah akan kandungan asam, hingga akan menurunkan keadaan refluks di perut Anda.

Untuk buka puasa, Anda dapat konsumsi minuman jahe hangat. Jahe bermanfaat baik buat Anda yang alami asam lambung naik waktu puasa. Dengan karakter antiradang alami yang dipunyai jahe, ini baik untuk menangani permasalahan asam lambung serta pencernaan yang lain.

Tidak hanya diseduh, jahe dapat juga jadikan jadi bumbu rempah dalam masakan Anda. Jauhi buka dengan gorengan serta menu-menu yang memakai santan seperti kolak. Jauhi juga buka dengan buah-buah yang asam seperti jeruk serta mangga. Jadi pilihan, Anda bisa buka dengan kurma, melon, pisang, apel, buah pir, serta semangka.

2. Minum dan makan obat lebih teratur

Salah satunya pemicu kenaikan asam di lambung ialah skema makan serta waktu minum obat yang tidak teratur. Sehubungan makan waktu puasa cuma dibolehkan di antara waktu buka serta sahur Anda jangan menahan-nahan makan.

Oleh karenanya, upayakan untuk langsung buka puasa dengan makanan yang baik untuk asam lambung Anda Jauhi makanan berlemak serta minuman bersoda. Janganlah lupa untuk minum obat asam lambung bila Anda telah mulai rasakan tanda-tanda tidak nyaman pada lambung sesudah buka puasa.

3. Lihat bagian makan waktu sahur serta buka

Langkah menangani asam lambung naik waktu puasa dengan memperhatikan bagian makan. Jika Anda langsung melahap makanan dalam bagian besar, memiliki kandungan banyak minyak serta manis, ini bisa menyebabkan refluks di lambung jadi naik.

Untuk menahan ini berlangsung, sebaiknya Anda ganti bagian makan jadi dikit demi sedikit dahulu dengan diawali minuman jahe hangat. Lalu sesudahnya Anda dapat teruskan dengan makanan lain dengan bagian yang bertambah dengan perlahan-lahan.

4. Kunyah makanan secara benar

Beberapa keadaan asam lambung naik waktu puasa dapat karena disebabkan tingkah laku Anda waktu makan yang menyukai makan secara cepat.Disarankan untuk makan sepelan serta kunyah sampai makanan selembut mungkin.

Ini bisa dapat menolong enzim pencernaan memproses serta mengolah makanan lebih gampang hingga kurangi efek asam lambung naik atau jadi memperburuk tanda-tanda GERD yang Anda alami.

5 . Jauhi minum air kebanyakan waktu makan serta jangan langsung tidur waktu makan

Jika waktu makan sahur serta buka Anda sering minum air, ini dapat membuat Anda kembung serta makanan yang diasup jadi susah diolah. Minum air sesudah sesaat Anda makan buka atau sahur.

Lalu tidak lupa tidak untuk langsung tidur sesudah sahur. Ini cuma akan menyebabkan refluks asam lambung naik ke kerongkongan bertepatan dengan makanan yang Anda mengonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?