Pengertian Penyakit Asam Lambung

Pengertian Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) ialah timbulnya rasa terbakar di dada karena asam lambung naik ke kerongkongan. Tanda-tanda penyakit asam lambung ada minimum 2 kali dalam satu minggu.

Asam lambung naik atau penyakit asam lambung dapat dirasakan oleh orang dewasa atau beberapa anak. Tanda-tanda penyakit ini seringkali disangka jadi serangan jantung atau penyakit jantung koroner, sebab gejalanya yang hampir seperti dengan ngilu dada. Meskipun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung butuh diatasi supaya tidak memunculkan komplikasi.

Tanda-tanda Penyakit Asam Lambung

Tanda-tanda penting dari asam lambung naik ialah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang makin bertambah kronis sesudah makan atau waktu berbaring. Tanda-tanda ini bisa dibarengi dengan keluhan masalah pencernaan yang lain, seperti seringkali bersendawa, dan mual serta muntah.

Pemicu Penyakit Asam Lambung

Asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) berlangsung saat otot kerongkongan sisi bawah (otot LES) melemah. Otot LES ini semestinya berkontraksi serta tutup aliran ke kerongkongan sesudah makanan turun ke lambung. Jika otot ini lemah, kerongkongan akan terbuka serta asam lambung akan naik kembali pada kerongkongan.

Analisis Penyakit Asam Lambung

Keluhan heartburn pada pasien asam lambung akan dirasa sekurang-kurangnya 2 kali dalam satu minggu. Jika pasien hadir dengan keluhan ini, dokter akan lakukan kontrol fisik serta rangkaian tes pendukung. Kontrol yang bisa dikerjakan oleh dokter ialah gastroskopi, photo Rontgen, kontrol pH kerongkongan, dan tes kemampuan otot kerongkongan (manometri).

Penyembuhan Penyakit Asam Lambung

GERD bisa ditangani dengan merubah tingkah laku seharian, seperti turunkan berat tubuh, tidak langsung berbaring sesudah makan, serta berhenti merokok. Dokter gastroenterologi dapat memberi obat-obatan untuk menangani penyakit asam lambung. Obat yang diberi ialah obat yang bisa menetralisir asam lambung, turunkan produksi asam lambung, serta obat yang percepat pengosongan lambung. Bila cara itu belum bisa menangani penyakit asam lambung, operasi bisa dikerjakan.

Komplikasi Penyakit Asam Lambung

Perlakuan penyakit asam lambung yang tidak selesai bisa memunculkan komplikasi berbentuk peradangan pada aliran kerongkongan atau esofagus. Peradangan itu bisa mengakibatkan timbulnya cedera sampai jaringan parut di kerongkongan, hingga pasien jadi susah menelan.

Keadaan ini dapat menyebabkan berlangsungnya esofagus Barrett, yakni penyakit yang beresiko memunculkan kanker esofagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?