Perokok Lebih Rentan Terkena Asam Lambung Kronis

Perokok Lebih Rentan Terkena Asam Lambung Kronis

Merokok banyak memunculkan dampak jelek untuk kesehatan. Salah satunya dampak yang seringkali digaungkan adalah penyakit paru. Tetapi nyatanya, rokok tidak cuma berpengaruh pada skema pernafasan saja. Rokok bisa menyebabkan penyakit yang terkait dengan skema pencernaan yakni GERD atau yang lebih diketahui dengan nama asam lambung. Lalu, apa jalinan di antara rokok serta asam lambung? Tersebut penjelasannya.

Apakah itu penyakit GERD?

Gastroesophageal reflux disease atau GERD ialah keadaan waktu asam lambung naik ke kerongkongan, yaitu sisi yang menyambungkan mulut serta lambung sampai mengakibatkan rasa terbakar di dada serta rangkaian tanda-tanda yang lain. GERD digunakan untuk mengatakan penyakit asam lambung yang telah kronis atau akut. Karena masuk dalam kelompok akut penyakit ini dapat ada sekitar satu sampai 2x per minggunya.

Waktu Anda menelan makanan, umumnya otot sisi bawah kerongkongan yang memisahkan kerongkongan dengan lambung akan santai hingga makanan serta cairan akan mengalir ke perut sebelum pada akhirnya tutup kembali. Tetapi, waktu otot dibagian ini melemah hingga tidak dapat mengatur kapan harus tutup serta buka karena itu asam lambung yang berada di perut bisa mengalir kembali pada kerongkongan. Bila ini berlangsung sering karena itu keadaan ini akan mengiritasi susunan kerongkongan Anda sampai membuat meradang. Keadaan berikut yang selanjutnya menyebabkan GERD.

Kenapa perokok lebih rawan terserang GERD?

Diambil dari Everyday Health, rokok serta asam lambung benar-benar terkait. Rokok bisa menyebabkan munculnya GERD atau asam lambung akut sebab faktor-faktor, yakni:

Spinchter esofagus bawah yang melemah

Rokok memiliki kandungan nikotin yang bisa mengurangi otot polos di badan. Spinchter esofagus bawah ialah otot sisi bawah kerongkongan yang memisahkan kerongkongan dengan lambung yang terhitung ke otot polos. Spinchter bekerja untuk mengendalikan jalannya makanan ke lambung serta menahan asam masuk ke kerongkongan (esofagus). Sayangnya, nikotin mengakibatkan spichter jadi santai hingga asam lambung beresiko naik ke kerongkongan sampai pada akhirnya mengakibatkan GERD.

Kurangi air liur

Perokok mempunyai air liur yang lebih dikit dibanding dengan orang normal. Ini dipacu oleh beberapa kandungan di rokok yang membuat mulut jadi lebih kering. Walau sebenarnya, air liur ialah zat penetral asam yang disebutkan dengan bikarbonat yang bermanfaat untuk menolong menantang dampak refluks asam lambung dan GERD.

Hingga sebetulnya saat Anda menelan ludah, air liur menolong menetralisir asam di kerongkongan yang berlangsung sebab refluks. Sebaliknya, bila produksi air liur lebih dikit karena itu asam yang naik ke kerongkongan tidak dapat dinetralkan sampai pada akhirnya membuat Anda jadi lebih rawan diserang GERD.

Tingkatkan produksi asam di lambung

Tahukah Anda jika merokok menggerakkan perut untuk menghasilkan semakin banyak asam lambung. Otomatis asam lambung yang berkesempatan naik ke kerongkongan juga jadi lebih banyak. Mengakibatkan, kesempatan Anda untuk terserang GERD juga jadi makin besar.

Mengganggu otot serta susunan esofagus

Tidak hanya bisa merilekskan otot esofagus yang semestinya berkontraksi untuk tutup, rokok mempunyai dampak yang sama jeleknya pada otot ini. Rokok mengganggu kerja otot yang menolong mengalihkan makanan ke kerongkongan. Walau sebenarnya otot ini kerja dengan menolong bersihkan kerongkongan dari asam yang mengakibatkan kerusakan. Tidak cuma otot yang rusak tapi selaput lendir yang membuat perlindungan kerongkongan dari kehancuran asam juga turut terkena dampak negatifnya.

Karena rokok serta asam lambung sangat terkait, semestinya Anda mulai kurangi intensif serta jumlahnya rokok yang Anda mengonsumsi sehari-harinya supaya terlepas dari beberapa permasalahan kesehatan terhitung GERD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai *

×

Hallo!

Jika ada pertanyaan bisa tanyaakan via whatsapp di bawah, atau kirim email ke marketing@madusehatlambung.com

× Ada Pertanyaan?