Silent Reflux Gejala Asam Lambung yang Datang Diam-Diam

Buat banyak orang, tanda-tanda asam lambung benar-benar gampang dirasa sekejap sesudah konsumsi makanan asam atau pedas. Contohnya saja merasakan mulas serta sensasi terbakar di tenggorokan waktu asam lambung naik. Nah, nyatanya sebagian orang yang lain malah tidak rasakan tanda-tanda apa pun meskipun sebetulnya mereka sedang terserang refluks asam lambung. Nah, keadaan ini disebutkan dengan refluks laringofaring atau silent reflux. Lalu, apa tanda-tanda asam lambung yang seringkali tidak diakui? Tersebut penuturannya.

Apakah itu refluks laringofaring atau silent reflux?

Refluks laringofaring (LPR) ialah keadaan saat asam lambung naik ke kerongkongan serta jatuh di kotak suara. Ini berlangsung sebab sfingter (katup) esofagus melemah atau rusak hingga tidak tutup dengan prima. Mengakibatkan, makanan yang telah masuk ke lambung bisa kembali naik ke kerongkongan, tenggorokan, kotak suara, bahkan ke sisi belakang hidung.

LPR disebutkan dengan silent reflux atau refluks asam lambung diam-diam (tersembunyi). Masalahnya tanda-tanda LPR hampir seperti seperti tanda-tanda asam lambung (GERD), tetapi condong tidak mengakibatkan rasa mulas atau sensasi perih terbakar di dada (heartburn) serta tenggorokan. Ini penyebabnya, refluks laringofaring seringkali disalahartikan dengan penyakit lain yang mempunyai tanda-tanda sama.

Baik wanita atau pria dari semua umur bisa alami refluks laringofaring, serta bayi serta beberapa anak sekalinya. Tetapi, efek ini bisa bertambah bila Anda alami beberapa keadaan tersebut:

– Gaya hidup tidak sehat, seperti makan terlalu berlebih, merokok, serta minum alkohol
– Sfingter esofagus rusak ataukah tidak berperan serta refleks lambung berjalan lamban
– Kelebihan berat tubuh
– Kehamilan

Dikutip dari Medical News Today, seputar 50 % orang yang terserang penyakit maag bermula dari tanda-tanda asam lambung tersembunyi ini. Sekecil apapun jumlahnya asam lambung yang naik ke kerongkongan, susunan tenggorokan serta kotak suara Anda bisa dengan gampang teriritasi. Oleh karena itu, Anda butuh waspada gejala-gejalanya.

Seperti apa tanda-tanda asam lambung yang hadir diam-diam?

Sama dengan namanya, refluks laringofaring atau LPR cuma tunjukkan gejala-gejala asam lambung serta condong samar-samar. Tanda-tanda LPR yang berlangsung pada seorang dewasa salah satunya ialah:

– Rasa pahit di tenggorokan
– Sakit tenggorokan atau sensasi terbakar di tenggorokan
– Susah menelan, merasakan seperti ada yang terlibat di tenggorokan
– Suara serak
– Seringkali batuk
– Postnasal drip akut, keadaan saat lendir kebanyakan di hidung serta tenggorokan
– Asma

Selain itu, tanda-tanda LPR pada bayi serta beberapa anak sebetulnya hampir sama dengan orang dewasa. Namun, bayi serta beberapa anak yang alami LPR condong rasakan muntah-muntah, susah menyusui, serta susah meningkatkan berat tubuh.

Jika Anda curigai satu atau dua tanda-tanda asam lambung tersembunyi itu, selekasnya jumpai dokter. Karena bila dibiarkan, asam lambung yang naik akan makin mengiritasi susunan kerongkongan, tenggorokan, sampai pita suara Anda. Ini bisa mengakibatkan munculnya jaringan parut, asma, emfisema, bronkitis, sampai kanker.

Lalu bagaimanakah cara menangani tanda-tanda asam lambung?

Kunci penting dalam menangani refluks laringofaring atau tanda-tanda asam lambung diam-diam dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat serta menjauhi unsur risikonya. Ini mencakup:

– Menghindarkan makanan yang bisa menyebabkan refluks asam lambung
– Turunkan berat tubuh bila alami kelebihan berat tubuh atau obesitas
– Berhenti merokok
– Kurangi mengonsumsi alkohol
– Berhenti makan paling tidak tiga jam sebelum tidur
– Tidur dengan tempat kepala dikit tambah tinggi, seputar 10-15 cm dari kasur

Diluar itu, penyakit ini dapat ditangani dengan obat asam lambung tanpa atau dengan resep. Contoh obat asam lambung tanpa ada resep ialah antasida atau H-2 blocker yang saling berguna untuk menahan asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

Bila antasida atau H-2 blocker tidak berperan, dokter kemungkinan memberi resep obat inhibitor pompa proton (PPI), seperti omeprazole, yang bisa menolong kurangi keasaman lambung. Jadi, selekasnya tanyakan pada dokter untuk menangani tanda-tanda asam lambung LPR.

Bagikan
nidanadia

Penulis di Madusehatlambung.com, Senang berbagi seputar tips kesehatan untuk anda dan keluarga.

Disqus Comments Loading...

Postingan Terbaru

Minuman untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Waktu terserang penyakit asam lambung, itu berarti Anda butuh mengontrol pola makan sebaik-baiknya. Karena, salah…

3 bulan yang lalu

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa

Jalani puasa lalu ada keadaan asam lambung naik tentu jadi hal yang tidak menyenangkan. Tidak…

3 bulan yang lalu

Cara Kendalikan Asam Lambung

Maag salah satu permasalahan kesehatan yang umum ditengah-tengah warga. Tetapi sayang, masih beberapa orang menganggap…

3 bulan yang lalu

Kunyit untuk Obat Asam Lambung

Kunyit salah satu bumbu masak yang mempunyai banyak faedah. Rempah berwarna kuning ini seringkali dipakai…

3 bulan yang lalu

Perokok Lebih Rentan Terkena Asam Lambung Kronis

Merokok banyak memunculkan dampak jelek untuk kesehatan. Salah satunya dampak yang seringkali digaungkan adalah penyakit…

3 bulan yang lalu

Mendengkur Merupakan Gejala Asam Lambung Naik

Tahukah Anda jika sebetulnya mendengkur alias ngorok itu bisa saja ada permasalahan pada badan? Dengkuran…

3 bulan yang lalu

Situs web ini menggunakan cookie.

Selengkapnya